Rabu, 03 November 2010

BELAJAR MELALUI JARINGAN MAYA


BELAJAR MELALUI JARINGAN MAYA
1.                               PENDAHULUAN
    • Latar Belakang
    • Manusia tercipta sebagai makhluk yang mampu berpikir (homo sapien), makhluk sosial (homo sosious), dan makhluk yang percaya pada Tuhan Yang Maha Esa (homo religous) sekaligus juga sebagai makhluk yang unik.
  1. B. Ciri-Ciri Mental
    • Banyak manusia menganggap dirinya organisme terpintar dalam kerajaan hewan, meski ada perdebatan apakah cetaceans seperti lumba-lumba dapat saja mempunyai intelektual sebanding. Tentunya, manusia adalah satu-satunya hewan yang terbukti berteknologi tinggi.
  2. Manusia Pembelajar
    • Mengapa kita belajar?
    • Mengapa proses pembelajaran harus berlangsung secara berkesinambungan seumur hidup?
    • Ada banyak jawaban. Di antaranya adalah kita belajar agar mampu mempersiapkan diri menerima tanggung jawab atas hidup kita, atas pilihan-pilihan kita (being responsible); kita belajar agar mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan di sekitar kita (being adaptable);
    • Intinya, dapatlah dikatakan bahwa kita belajar karena kita (manusia) terlahir sebagai makhluk pembelajar (learning being).

  1. Ciri-Ciri Manusia Pembelajar
    • Secara sadar mau menerima tanggung jawab atas hidupnya, atas sikap dan perbuatannya.
    • Secara sadar selalu mengembangkan inisiatif untuk mencari dan mengenali dirinya itu apa dan siapa.
    • Secara sadar menumbuhkan keberanian untuk jujur menyatakan keunikannya sebagai pribadi.
    • Memberikan dirinya dipandu 'dari dalam' (inside out) oleh nilai-nilai yang sesuai dengan keyakinannya.
    • Memiliki constructive discontent (ketidakpuasan yang konstruktif), yang mendo- rongnya untuk belajar seumur hidup guna meningkatkan kualitas kemanusiaannya.
    • Ia tak suka mengidentifikasikan dirinya dengan hal-hal yang bukan dirinya (misalnya, identifikasi diri dengan jabatan, kekayaan, atau kekuasaan, sebagaimana sering dislogankan menjadi 'you what you have', 'you are what you drive', 'you are what you eat', dsb.).
  2. Kenali potensi dan kenali kecerdasan Anda
    • Spasial-Visual (berpikir dengan citra dan dambar).
    • Linguistik-Verbal (Berpikir dalam kata-kata).
    • Interpersonal (berpikir lewat berkomunikasi dengan orang lain).
    • Musikal-Ritmik (berpikir dalam irama dan melodi).
    • Naturalis (berpikir dalam acuan alam).
    • Badan-Kinestetik (berpikir melalui sensasi dan gerakan fisik).
    • Intrapersonal (berpikir secara reflektif).
    • Logis-Matematis (berpikir dengan penalaran).
  3. Kembangkan Potensi Diri
    • Agar berbagai potensi yang dimiliki oleh manusia dapat berkembang dengan baik, maka dalam belajar perlu memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi, yang salah satunya adalah belajar melalui internet mapun jaringan maya.

  1. A. Jaringan Maya
    • 1. Pengertian internet sebagai jaringan.
      • Internet mempunyai nama panjang Inter Networking atau hubungan antar jaringan komputer.
      • Internet adalah sebuah jaringan komputer yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia , sehingga terbentuk ruang maya jaringan komputer ( cyberspace ).
  2. Sejarah Internet ?
    • Siapa sebenarnya yang menemukan Internet ?. Sejarahnya agak lucu juga, dari sifat tidak mau kalah manusia, ya untuk masalah dari sikap tidak mau kalahnya Amerika. Apa hubunganya dengan negara Amerika?
    • Dahulu kala, ketika Uni Sovyet meluncurkan Sputnik, apa itu Sputnik? Roket yang berisi manusia pertama di dunia yang berhasil di luncurkan ke luar angkasa. Ketika Sovyet meluncurkan Sputnik, Amerika jadi gerah, "masa Sovyet bisa kita tidak?!" Mungkin begitu kata Presiden Amerika waktu itu. Tapi yang pasti, Amerika langsung membentuk ARPA (Advanced Research Projects Agency) untuk mengambil alih kepemimpinan teknologi.
    • Singkat cerita, ARPA membentuk banyak sekali badan atawa cabang, nah salah satunya ialah Information Processing Technology Office (IPTO). Salah satu tugas IPTO adalah membuat sebuah sistem radar otomatis yang saling berhubungan, ceritanya yang pertama di dunia.Nah, pemimpin IPTO, J. C. R. Licklider.

  1. Belajar Melalui Jaringan Maya
    • Dengan adanya perkembangan dan pemanfaatan IT Guru bukanlah merupakan satu-satunya sumber belajar, namun merupakan salah satu komponen dari sumber belajar yang disebut orang. AECT (Associationfor Educational Communication and Technology) membedakan enam jenis sumber belajar yang dapat digunakan dalam proses belajar, yaitu: Pesan; didalamnya mencakup kurikulum (GBPP) dan mata pelajaran.
10.    Ada tiga bentuk sistem pembelajaran melalui Internet yang layak dipertimbangkan sebagai dasar pengembangan sistem pembelajaran (Haughey, 1998) adalah:.
    • Web Course, ialah penggunaan internet untuk keperluan pembelajaran, di mana seluruh bahan belajar, diskusi, konsultasi, penugasan, latihan dan ujian sepenuhnya isampaikan melalui internet.
    • Web Centric Course, di mana sebagian bahan belajar, diskusi, konsultasi, penugasan, dan latihan disampaikan melalui internet, sedangkan ujian dan sebagian konsultasi, diskusi dan latihan dilakukan secara tatap muka.
    • Web Enhanced Course, yaitu pemanfaatan internet untuk pendidikan, untuk menunjang peningkatan kualitas kegiatan belajar mengajar di kelas.

  1. C. Manfa'at dan Mudharat.
    • Pesatnya perkembangan IT khususnya internet, memungkinkan pengembangan layanan informasi yang yang lebih baik dalam suatu instusi pendidikan
  2. Manfaat lainnya di bidang pendidikan adalah :
    • 1. Akses ke perpustakaan.,
    • 2. akses ke pakar.,
    • 3. melaksanakan kegiatan kuliah secara online.,
    • 4. menyediakan layanan informasi akedemik suatu institusi pendidikan.,
    • 5. menyediakan fasilitas mesin pencari data,.
    • 6. menyediakan fasilitas diskusi.,
    • 7. menyediakan fasilitas derektori alumni dan sekolah.,
    • 8. menyediakan fasilitas kerjasama dan lain-lain.

  1. Dampak Negatif Jaringan Maya
    • Sedangkan dampak negatifnya dalam perkembangan IT (Belajar melalui jaringan maya ) bergesernya nilai-nilai budaya, moral dan etika, serta ideologi yang dianut apabila informasi yang diakses disalah gunakan.
  2. Dampak Negatif yang dirasakan a.l :
    • Maraknya pornografi dalam berbagai wujudnya
    • Perjudian di dunia maya
    • Sikap hedonisme
    • Dan kebebasan tanpa batas, dan sulit, bahkan tidak mungkin dibatasi
  3. Penutup
    • Untuk itu penulis menyarankan terhadap tiga lingkungan pendidikan yaitu forma, nonformal dan informal lebih intens untuk memanfaatkan jaringan maya secara optimal dalam pembelajaran sepanjang hayat.
    • Mengingat dibalik manfaat terdapat pula kuburukan atau sisi negatifnya maka siapapun perlu membekali diri dengan iman dan takwa sesuai keyakinannya, agar dapat memperkecil bahkan menolak pengaruh negati tersebut. Selamat belajar di jaringan maya. 
    • TERIMA KASIH SAMPAI JUMPA LAIN KESEMPATAN ( SUMBER SLIDE SHARE )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar